Kesalahan dalam SEO : Bag 1 – Kesalahan On Page Optimization

1
388
kegagalan-dalam-seo-bagian-1

Bermimpi untuk memenangkan kompetisi SEO, namun berakhir dengan kegagalan? Bisa jadi ini penyebabnya.

Kesal dengan kata kunci yang menjadi target anda tidak pernah masuk ke halaman pertama SERP? Kamipun pernah mengalaminya. Apalagi dengan update algoritma google yang kian hari kian membingungkan. Membuat kami harus memutar cara, mencari strategi yang tepat agar bisa memenangkan persaingan.

kegagalan-dalam-seo-bagian-1

Lalu apa yang salah dengan metode optimasi yang kita lakukan hingga mengalami hal ini? Jika ditanya apa yang salah, beberapa hal ini yang sering kami dapati dari para pelaku Search Engine Optimization yang baru menjajal bertarung di bidang ini, siapkan buku catatan anda dan coba periksa kembali, apakah anda melakukan hal-hal yang kami sebutkan dibawah ini. Jika ya, maka sudah waktunya anda untuk merubah gaya SEO anda.

1) Optimasi Halaman dengan kata kunci yang salah

Wow, terkejut? Ya, kami mendapati banyak sekali pelaku SEO pemula yang melakukan optimasi halaman atau landing page dengan kata kunci yang tidak semestinya. Yang terjadi, google bot menganggap konten anda tidak relevant, sehingga dimasukan dalam kantung “daftar spam” dan mengakibatkan website anda tidak akan dimasukan dalam hasil pencarian.

Buatlah sebuah halaman yang benar-benar relevan dengan kata kunci yang ingin anda bidik. Dengan begitu, memudahkan orang mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang mereka ingin cari tahu.

2) Optimasi Berlebihan dengan keyword stuffing

Istilah keyword stuffing merujuk pada konten yang mengandung banyak kata kunci didalamnya. Hal ini berimbas kembali pada tidak relevannya informasi yang ditampilkan, membuat google bot kembali harus memasukan anda sebagai Daftar Situs Yang Tidak Penting untuk ditampilkan dalam SERP.

Konten yang baik adalah konten yang mengalir secara natural, dengan intensitas 1% atau 2% kata kunci didalamnya. Yang penting adalah orang paham apa yang ingin anda sampaikan didalam artikel atau konten tersebut.

3) Jangan mengulang optimasi dihalaman yang berbeda

Biasanya untuk mendongkrak SEO dikenal istilah internal link building, dimana sebuah artikel akan saling berhubungan untuk memberikan kekuatan internal link dan meningkatkan performa SEO sebuah kata kunci. Namun kesalahan yang terjadi, adalah menggunakan optimasi yang sama dengan memasukan kata kunci di tempat-tempat seperti Title, Metatags, H1/H2 dsb.

Kemudian konten ini akan dianggap canonical. Dan google bot menganggap puluhan link yang anda buat tersebut bernilai sama, yang berarti hanya dianggap satu buah konten. Bukankah ini sebuah kesia-siaan, yang seharusnya waktu anda bisa dimanfaatkan untuk membangun backlink atau hal lain yang lebih bermanfaat dalam meningkatkan performa website atau keyword anda? Usahakan membuat setiap halaman unik, bisa dengan cara memberikan kata kunci tier 2 dan tier 3 untuk artikel anda.

Kami sudah melakukan dengan artikel didalam website ini dan cukup memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan performa keyword dan SEO yang kami kerjakan.

1 COMMENT

  1. Jasa seo itu ada yang menggunakan layanan bulanan atau tahunan, jadi dalam waktu itu akan terus dioptimalkan agar bisa menduduki peringkat pertama. Web yang sudah tua dan sudah memiliki peringkat yang bagus di SERP juga harus selalu dijaga a gar bisa selalu mengikuti perkembangan seo.

LEAVE A REPLY