Membuat website responsive yang baik

0
197

Perkembangan perangkat mobile, memberikan dampak negatif bagi pemilik website yang belum responsive.

Pertengahan agustus 2016, google memberikan pengumuman bahwa saat ini pencarian orang terbanyak berasal dari mobile device atau perangkat mobile. Dengan begitu, algoritma google mengutamakan hasil pencarian berdasarkan efektivitas sebuah website terhadap kesesuaian di perangkat mobile atau dengan kata lain responsive.

Bagi pemilik website yang menggunakan Content Management  System, hal ini bukan sebuah masalah. Namun bagi pemilik website klasik, hal ini merupakan sebuah tantangan besar, apalagi menyangkut Search Engine Optimization.

Memang, apa prinsip dasar dari responsive?

Responsive adalah kemampuan sebuah website tetap nyaman dilihat dari perangkat mobile apapun, seperti smartphone dan tablet. Nyaman dalam hal terlihat oleh mata dan yang membaca, teratur dan tidak terpotong oleh batasan layar serta informasi masih bisa tampak dengan baik.

Beberapa aspek lain yang menjadi dasar responsive sebuah website rata-rata adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan teks yang dapat dibaca tanpa perlu diperbesar
  • Ruang untuk klik menggunakan jari lebih nyaman dengan link yang tidak saling berdempetan
  • Mengurangi skrip yang tidak kompatible dengan perangkat mobile.

Lalu hal apa lagi yang harus diperhatikan saat merancang sebuah website yang responsive? Kami mencantumkan beberapa hal yang biasa kami lakukan dalam merancang website client kami. Dan mungkin bisa juga anda gunakan untuk membangun situs anda.

Perhatikan loading time halaman website anda.

Beberapa pengguna smartphone tidak suka menunggu terlalu lama, apalagi untuk waktu loading sebuah website. Usahakan pangkas waktu mereka menunggu dengan membuat sebuah website yang tidak terlalu banyak menyajikan animasi atau aktivitas yang justru membebani RAM internal.

Rekomendasi Google : Sebuah website yang baik, dapat menampilkan halaman informasi kurang dari 1 detik (60 secon). Sehingga memungkinkan pengguna berinteraksi dengan halaman sesegera mungkin.

Selain itu, Kissmetrics mengemukakan bahwa:

  • Penundaan pada saat load memberikan konversi kunjungan yang signifikan.
  • Hampir 50% dari konsumen (sebenarnya 47%) berharap waktu untuk memuat halaman web kurang dari 2 detik. Apakah ini mungkin? Yap, tentu saja.
  • Pengguna ponsel berharap tampilan di layar smartphone tidak terlalu berbeda dengan tampilan di mobile device. Dengan begitu saat mereka kembali ke situs tersebut menggunakan PC, mereka akan mendapati hasil yang sama.

Bagaimana saya bisa meningkatkan pengalaman pada pengguna ponsel?

Bicara cara meningkatkan pengalamana, tentu ini akan menjadi sebuah jawaban yang sangat luas. Mengingat banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingginya nilai user experience dalam sebuah website. Tapi pahami prinsip dasar ini : User ingin informasi yang tersaji sesuai dengan harapan mereka. Oleh sebab itu, buatlah sebuah kontent yang benar-benar ingin diketahui oleh orang-orang.

 

LEAVE A REPLY